Islam Mosque

Minggu, 30 Januari 2011

SYUKUR NIKMAT

Syukur adalah perasaan yang sering kali tidak bisa kita rasakan secara langsung. Kadang perlu perenungan yang mendalam. Karena kita tahu, nikmat Allah tidak hanya meliputi apa yang kita lihat dengan panca indra, namun juga meliputi nikmat lain yang ada di alam semesta ini.

Salah satu nikmat yang terbesar yang diberikan kepada hamba pilihan Allah adalah nikmat Iman dan Islam. Karena hanya dengan nikmat inilah, manusia pilihan yang disebut mukmin itu nantinya dapat menggapai ridho Allah, dan mencapai syurga Allah yang berjuta kali lebih baik dari pada langit dan bumi.

Allah berkuasa atas segala sesuatu, adalah hal yang mudah bagi Allah untuk menjadikan seluruh manusia ini mukmin atau kafir, namun telah dijadikan sebagian manusia beriman dan sebagian yang lain kafir, karena kasih sayang dan sifat adil Allah. Manusia bisa menggapai keimanan melalui sunatullah yang berlaku.

Fenomena yang terlihat di sekitar kita adalah nikmat yang berlimpah telah diberikan kepada hamba hamba Allah yang kafir. Mereka tampak lebih banyak mendapat kenikmatan berupa materi dan kenyamanan di dunia dari pada orang orang mukmin. Hal ini bisa dikatakan mengirikan hati. Namun Allah memberikan peringatan kepada kita untuk tidak merasa cemburu dan bersusah hati karena hal yang seolah menjadi ketimpangan ini. Karena sesungguhnya segala kenikmatan yang diberikan kepada mereka (orang orang kafir itu) di dunia bukan untuk memberi kebaikan kepada mereka, tapi justru semakin menjauhkan mereka dari Allah. Harta mereka tidak sedikitpun bisa menjadi penebus mereka dari azab Allah.

Sedangkan bagi orang yang beriman, telah dijanjikan tempat kembali yang paling baik di surga-Nya. Apa yang dikaruniakan oleh Allah dengan lantaran Iman dan Islam yang juga adalah karunia-Nya ini, tidak bisa sedikitpun dibandingan dengan apa yang ada di dunia.

Maka sungguh nikmat Iman dan Islam ini adalah nikmat yang harus disyukuri di atas segala galanya, dan dipelihara serta di jaga dalam hati kita.

Manusia dikarunia begitu banyak nikmat oleh Allah, tetapi sudah wata manusia yang buruk mereka selalu kuirang mensyukuri nikmat nikmat tersebut. Ini dikarenakan syetan selalu berusaha menjauhkan manusia dari bersyukur kepada Allah.

Ingatlah peringatan allah dalam surat Ibrahim ayat 7 :
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mema’lumatkan: “sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat Ku, maka sesungguhnya azabKu sangat pedih.”

Indonesia seharusnya menjadi negara yang berkelimpahan berkah, karena indonesia adalah negara dengan pemeluk islam terbesar di dunia. Tanahnya sangat subur dan alamnya kaya raya, namun sedikitpun kekayaan dan kemakmuran itu tidak tampak, justru bencana datang secara beruntun menimpa negeri ini. Bahkan sepanjang 5 tahun terakhir ini telah terjadi 450 kali bencana.

Namun bagi orang orang yang tidak beriman, peringatan seperti apapun, azab yang diturunkan dan pertanda yang ditunjukkan oleh para rasul tidak menjadikan mereka beriman, namun mereka tetap tidak beriman, bahkan mereka menjadi semakin jauh dari Allah.

Marilah kita benar benar mesyukuri nikmat, dimana Allah menjadikan kita orang yang beriman, Allah memberikan rizki kepada setiap orang dan makhluk, tapi hidayahnya diberikan Allah kepada orang orang yang dicintaiNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar